Rabu, 14 September 2011

Tugas Manajer Pemasaran

Nama : Siti Rahmawati
NPM  : 0210U128
Kelas : D

9. Sebutkan tugas dari seorang manajer pemasaran?

Proses pemasaran terdiri dari analisis peluang pasar, pengembangan strategi pemasaran, perencanaan program pemasaran, dan pengelolaan usaha pemasaran. Secara berturut-turut proses-proses tersebut dilakukan oleh manajer pemasaran, baik di tingkat perusahaan, divisi, maupun unit.

a.       Analisis peluang pasar (melakukan studi kelayakan)
·        Mengembangkan system informasi pemasaran yang dapat diandalkan
·        Pengenalan perilaku pembelian, persepsi, keinginan, dan kebutuhan pasar sasaran
·        Mengamati segmen-segmen pasar disetiap pasar yang dilayani
b.      Mengembangkan produk dan siklus hidup produk
·        Pemunculan gagasan
·        Penyaringan gagasan
·        Pengembangan dan pengujian barang produk
·        Pengembangan strategi pemasaran
·        Analisis bisnis
·        Pengembangan/pembuatan produk
·        Pengujian pasar
·        Komersialisasi
c.       Merencanakan program pemasaran
·        Membuat keputusan tentang produk
·        Membuat keputusan tentang harga
·        Membuat keputusan tentang tempat (saluran distribusi)
·        Membuat keputusan tentang promosi
(Pengantar Bisnis; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng; 2006; Hal 127)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar