Selasa, 13 September 2011

Pengertian Manajemen

6. jelaskan yang dimaksud dengan manajemen?

Begitu banyak pakar yang telah mengemukakan definisi manajemen, diantaranya :
  1. Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. (Stoner, Freeman, Gilbert; 1995)
  2. Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengandalian aktivitas-aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. (Musselman & Jackson; 1992) (Pengantar Bisnis; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng; 2006; Hal 60)

Bila kita mempelajari litelatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian, yaitu pertama, manajemen sebagai suatu proses seperti yang dikemukakan Haiman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama. Bila diperhatikan definisi tersebut memiliki tiga pokok penting dalam definisinya, yaitu pertama, adanya tujuan yang ingin dicapai, kedua, tujuan dicapai dengan mempergunakan kegiatan orang lain, dan ketiga, kegiatan-kegiatan orang lain itu harus dibimbing dan diawasi. Kedua, manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen, jadi dengan kata lain segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen, yang dalam arti singular disebut "manajer". Ketiga, manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu. (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan POLRI; 2008; Hal 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar