Selasa, 13 September 2011

Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Perusahaan

5. Jelaskan pengaruh lingkungan bisnis terhadap perusahaan?

Lingkungan bisnis sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Lingkungan tersebut mencangkup Lingkungan umum atau sering kali disebut Lingkungan Makro dan Lingkungan Khusus atau Lingkungan Mikro, dari masing-masing lingkungan tersebut memiliki faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perusahaan. Seperti Lingkungan Umum yang memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keseluruhan kegiatan bisnis secara tidak langsung. Faktor dalam lingkungan umum menimbulkan dampak yang luas dan menyeluruh kepada perusahaan dalam suatu perekonomian.

Contohnya : Dalam politik, suatu negara yang menganut sistem politik liberalisme umumnya menganut sistem ekonomi kapitalisme yang memberi kebebasan berbisnis pada warganya, tapi jika landasan politik berubah, sistem bisnispun biasanya ikut mengalami perubahan. (Pengantar Bisnis ; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng ; 2006 ; Hal 15)

Sedangkan pengaruh Lingkungan khusus terhadap perusahaan terdiri dari unsur-unsur dalam kegiatan sistem pasar. Contohnya : Pemasok, perusahaan melakukan proses produksi dengan menggunakan berbagai bahan baku yang didapatkan dari para pemasok. Kelancaran aktivitas perusahaan sangat tergantung pada keberadaan para pemasok untuk menyediakan kebutuhan perusahaan pada waktu dan jumlah yang tepat.  (Pengantar Bisnis ; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng ; 2006 ; Hal 19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar