Rabu, 14 September 2011

Pengertian Etika Bisnis

16. Jelaskan apa yang dimaksud dengan etika bisnis?

Kata ethics berasal dari bahasa Yunani ethos, yang berarti karakter. Etika adalah satu set kepercayaan, standard, atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Perilaku yang etis dapat didefinisikan sebagai perilaku yang baik dan dapat diterima oleh masyarakat. Etika individu dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pengaruh keluarga, faktor situasi, nilai moral dan agama, pengalaman, dan pengaruh dari teman. (Pengantar Manajemen; Sri Wiludjeng; 2007; Hal 50)

Etika bisnis terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha (bisnis). Kebenaran yang dimaksud adalah etika standar yang secara umum dapat diterima dan diakui prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat perusahaan dan individu. Etika dalam berbisnis merupakan hal yang penting untuk kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Perilaku bisnis yang tidak etis dapat merusak sistem pasar yang bisa menjurus pada alokasi sumber daya yang tidak efisien. (Pengantar Bisnis; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng; 2006; Hal 22)

Contoh: beritikad baik dalam setiap melakukan bisnis dengan perusahaan lain, fair, memberikan informasi mengenai bisnis kita sejelas-jelasnya tanpa ada yang disembunyikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar