Selasa, 13 September 2011

Pengertian Manajemen Pemasaran

8. Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen pemasaran?

Seringkali dijumpai banyaknya masyarakat umum yang tidak memahami arti sebenarnya dari pemasaran. Mereka memandang pemasaran tidak lebih hanya sebagai aktivitas periklanan atau aktivitas penjualan saja. Padahal periklanan dan penjualan hanya merupakan sebagian kecil dari proses pemasaran. Beberapa ahli telah mengemukakan definisi tentang pemasaran yang kelihatannya berbeda meskipun pada intinya sama. Salah satunya dikemukakan oleh William J. Stanton "Pemsaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial (sifatnya masih mempertibangkan kemungkinan beli)."


Dalam definisi diatas, maka yang perlu diperhatikan adalah: 
  1. pemasar dan pasar 
  2. kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands) 
  3. produk yang bisa merupakan barang (goods) atau jasa (services) 
  4. pertukarn dan transaksi 
  5. hubungan dan jaringan
Beberapa filosofi atau falsafah pemasaran yaitu:
  •  Production Concept, upaya perusahaan membuat produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan biaya efisien. 
  •  Product Concept, upaya perusahaan meningkatkan nilai kualitas mutu yang terjamin.
  • Selling Concept, konsep penjualan lebih ditekankan pada promosi.
  • Marketing Concept, cenderung lebih mengutamakan kepuasan konsumen. 
  • Societal Marketing Concept, tanggung jawab sosial.
(Pengantar Bisnis; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng; 2006; Hal 124)
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar