PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Perdagangan : pertukaran sukarela barang, jasa, aset, atau uang antara satu orangatau organisasi dan yang lain.
perdagangan Internasional : perdagangan antara penduduk dua negara
Negara klasik Berbasis Teori Perdagangan
ü Merkantilisme
ü Keuntungan mutlak
ü Keunggulan komparatif
ü Keunggulan Komparatif dengan Uang
ü Relatif Faktor Wakaf
Merkantilisme
ü Kekayaan suatu negara diukur dengan kepemilikan emas dan perak
ü Sebuah sasaran negara harus untuk memperbesar kepemilikan emas dan perak oleh :
· mempromosikan ekspor
· mengecilkan impor
Keuntungan Mutlak
ü Ekspor barang dan jasa yang negara lebih produktif dibandingkan negara lain
ü Impor barang dan jasa yang negara-negara lain yang lebih produktif dari pada
Keunggulan Komparatif
ü Memproduksi dan mengekspor barang-barang dan jasa yang relatif lebih produktif dibandingkan negara lain
ü Impor barang dan jasa yang negara-negara lain relatif lebih produktif dari pada negara tersebut
Keunggulan Komparatif dengan uang
ü Salah satunya adalah lebih baik mengkhususkan diri dalam apa yang dilakukan seseorang yang relatif terbaik
ü Memproduksi dan mengekspor barang-barang dan jasa yang relatif paling mampu menghasilkan produksi
ü Membeli barang dan jasa dari orang-orang yang lebih baik memproduksi dibandingkan dengan mereka
Relatif Faktor Wakaf
ü Heckscher-Ohlin Teori
ü Apa yang menentukan produk yang suatu negara akan memiliki keunggulan komparatif?
· Faktor pendukung bervariasi antara negara-negara
· Barang berbeda sesuai dengan jenis faktor yang digunakan untuk menghasilkan mereka
ü Sebuah negara akan memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi produk yang intensif menggunakan sumber daya (faktor produksi) yang melimpah
- Cina: tenaga kerja
- Arab Saudi: minyak
- Argentina: gandum
- Cina: tenaga kerja
- Arab Saudi: minyak
- Argentina: gandum
Kantor modern Berbasis Teori Perdagangan
ü Kesamaan Teori Negara
ü Siklus Hidup Produk Teori
ü Rivalitas global Teori Strategis
ü Porter Keunggulan Kompetitif Nasional
Teori Berbasis Pertumbuhan Perusahaan
ü Tumbuh pentingnya perusahaan multinasional
ü Ketidakmampuan negara berbasis teori untuk menjelaskan dan memprediksi keberadaan dan pertumbuhan perdagangan intraindustry
ü Kegagalan Leontief dan orang lain untuk memvalidasi empiris berdasarkan negara Heckscher-Ohlin Teori
Teori Perusahaan Perdagangan
ü Memasukkan faktor tambahan ke penjelasan arus perdagangan
· Kualitas
· Teknologi
· nama merek
· pelanggan berkualitas
Teori Siklus Hidup Produk
ü Menjelaskan evolusi strategi pemasaran
ü tahapan
- produk baru
- jatuh tempo produk
- standar produk
- produk baru
- jatuh tempo produk
- standar produk
Teori Strategi Rivalitas Global
ü Perusahaan berjuang untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
ü Keuntungan menyediakan kemampuan untuk mendominasi pasar global
ü Fokus: keputusan strategis perusahaan digunakan untuk bersaing di tingkat internasional
INVESTASI INTERNASIONAL
Jenis Investasi Internasional
Jenis Investasi Internasional
ü Investasi Langsung Asing
ü portofolio Investasi
Teori Investasi Internasional
ü Ownership Advantages (kepemilikan Keuntungan)
· Sebuah perusahaan memiliki aset berharga yang menciptakan keunggulan kompetitif di dalam negeri dapat menggunakan keunggulan itu untuk menembus pasar luar negeri melalui FDI
· Mengapa FDI dan bukan metode lain?
ü Internalization (internalisasi)
· FDI adalah lebih mungkin terjadi ketika transaksi biaya dengan perusahaan kedua yang tinggi
· Biaya transaksi: biaya yang terkait dengan negosiasi, pemantauan, dan menegakkan kontrak
ü Dunning’s Eclectic Theory (Dunning Elektik Teori)
· FDI mencerminkan kegiatan bisnis internasional dan kegiatan bisnis internal perusahaan
· 3 kondisi untuk PMA
- kepemilikan keuntungan
- lokasi keuntungan
- internalisasi keuntungan
- kepemilikan keuntungan
- lokasi keuntungan
- internalisasi keuntungan
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan FDI
ü Supply Factors : biaya produksi, logistik, ketersediaan sumber daya, Akses ke teknologi
ü Demand Factors : akses pelanggan, pemasaran keuntungan, Eksploitasi keunggulan kompetitif, pelanggan mobilitas
ü Political Factors : Menghindari hambatan perdagangan, Pembangunan ekonomi insentif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar