Kamis, 17 November 2011

International Trade and Investment Theory


 PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Perdagangan : pertukaran sukarela barang, jasa, aset, atau uang antara satu orangatau organisasi dan yang lain.

perdagangan Internasional
: perdagangan antara penduduk dua negara

Negara klasik Berbasis Teori Perdagangan
ü  Merkantilisme
ü  Keuntungan mutlak
ü  Keunggulan komparatif
ü  Keunggulan Komparatif dengan Uang
ü  Relatif Faktor Wakaf

Merkantilisme
ü  Kekayaan suatu negara diukur dengan kepemilikan emas dan perak
ü  Sebuah sasaran negara harus untuk memperbesar kepemilikan emas dan perak oleh :
·         mempromosikan ekspor
·         mengecilkan impor


Keuntungan Mutlak
ü  Ekspor barang dan jasa yang negara lebih produktif dibandingkan negara lain
ü  Impor barang dan jasa yang negara-negara lain yang lebih produktif dari pada

Keunggulan Komparatif
ü  Memproduksi dan mengekspor barang-barang dan jasa yang relatif lebih produktif dibandingkan negara lain
ü  Impor barang dan jasa yang negara-negara lain relatif lebih produktif dari pada negara tersebut



Keunggulan Komparatif dengan uang
ü  Salah satunya adalah lebih baik mengkhususkan diri dalam apa yang dilakukan seseorang yang relatif terbaik
ü  Memproduksi dan mengekspor barang-barang dan jasa yang relatif paling mampu menghasilkan produksi
ü  Membeli barang dan jasa dari orang-orang yang lebih baik memproduksi dibandingkan dengan mereka

Relatif Faktor Wakaf
ü  Heckscher-Ohlin Teori
ü  Apa yang menentukan produk yang suatu negara akan memiliki keunggulan komparatif?
·         Faktor pendukung bervariasi antara negara-negara
·          Barang berbeda sesuai dengan jenis faktor yang digunakan untuk menghasilkan mereka
ü  Sebuah negara akan memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi produk yang intensif menggunakan sumber daya (faktor produksi) yang melimpah
- Cina: tenaga kerja
- Arab Saudi: minyak
- Argentina: gandum

Kantor modern Berbasis Teori Perdagangan
ü  Kesamaan Teori Negara
ü  Siklus Hidup Produk Teori
ü  Rivalitas global Teori Strategis
ü  Porter Keunggulan Kompetitif Nasional

Teori Berbasis Pertumbuhan Perusahaan
ü  Tumbuh pentingnya perusahaan multinasional
ü  Ketidakmampuan negara berbasis teori untuk menjelaskan dan memprediksi keberadaan dan pertumbuhan perdagangan intraindustry
ü  Kegagalan Leontief dan orang lain untuk memvalidasi empiris berdasarkan negara Heckscher-Ohlin Teori

Teori Perusahaan Perdagangan
ü  Memasukkan faktor tambahan ke penjelasan arus perdagangan
·         Kualitas
·         Teknologi
·         nama merek
·         pelanggan berkualitas

Teori Siklus Hidup Produk
ü  Menjelaskan evolusi strategi pemasaran
ü  tahapan
- produk baru
- jatuh tempo produk
- standar produk

Teori Strategi Rivalitas Global
ü  Perusahaan berjuang untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
ü  Keuntungan menyediakan kemampuan untuk mendominasi pasar global
ü  Fokus: keputusan strategis perusahaan digunakan untuk bersaing di tingkat internasional

 INVESTASI INTERNASIONAL
Jenis Investasi Internasional
ü  Investasi Langsung Asing
ü  portofolio Investasi

Teori Investasi Internasional
ü  Ownership Advantages (kepemilikan Keuntungan)
·         Sebuah perusahaan memiliki aset berharga yang menciptakan keunggulan kompetitif di dalam negeri dapat menggunakan keunggulan itu untuk menembus pasar luar negeri melalui FDI
·         Mengapa FDI dan bukan metode lain?

ü  Internalization (internalisasi)
·         FDI adalah lebih mungkin terjadi ketika transaksi biaya dengan perusahaan kedua yang tinggi
·         Biaya transaksi: biaya yang terkait dengan negosiasi, pemantauan, dan menegakkan kontrak
ü  Dunning’s Eclectic Theory (Dunning Elektik Teori)
·         FDI mencerminkan kegiatan bisnis internasional dan kegiatan bisnis internal perusahaan
·         3 kondisi untuk PMA
- kepemilikan keuntungan
- lokasi keuntungan
- internalisasi keuntungan


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan FDI
ü  Supply Factors : biaya produksi, logistik, ketersediaan sumber daya, Akses ke teknologi
ü  Demand Factors : akses pelanggan, pemasaran keuntungan, Eksploitasi keunggulan kompetitif, pelanggan mobilitas
ü  Political Factors : Menghindari hambatan perdagangan, Pembangunan ekonomi insentif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar